Apa Itu Penyakit Limfadenitis ?

Apa Itu Penyakit Limfadenitis ?

Limfadenitis adalah suatu kondisi di mana kelenjar getah bening menjadi meradang. Ketika kondisi tersebut mempengaruhi kelenjar getah bening di membran yang menghubungkan usus ke dinding perut (mesenterium), itu disebut limfadenitis (mez-un-TER-lim-fad-uh-NIE-tis). Infeksi usus virus adalah penyebab umum limfadenitis yang juga dikenal sebagai adenitis mesenterika. Ini terutama mempengaruhi anak-anak dan remaja.

Kondisi yang menyakitkan ini dapat menyerupai radang usus buntu atau suatu kondisi di mana bagian dari usus meluncur ke bagian lain dari usus (intussusception). Tidak seperti apendisitis atau intususepsi, limfadenitis jarang serius dan biasanya sembuh dengan sendirinya. Limfadenitis adalah infeksi kelenjar getah bening (juga disebut kelenjar getah bening). Ini adalah komplikasi dari infeksi bakteri tertentu.

Penyebab

Sistem getah bening (limfatik) adalah jaringan kelenjar getah bening, saluran getah bening, pembuluh getah bening, dan organ yang menghasilkan dan memindahkan cairan yang disebut getah bening dari jaringan ke aliran darah. Kelenjar getah bening, atau kelenjar getah bening, adalah struktur kecil yang menyaring cairan getah bening. Ada banyak sel darah putih di kelenjar getah bening untuk membantu melawan infeksi.

Limfadenitis adalah penyakit yang terjadi ketika kelenjar membesar dengan pembengkakan (peradangan), sering sebagai respons terhadap bakteri, virus, atau jamur. Kelenjar bengkak biasanya ditemukan di dekat lokasi infeksi, tumor, atau peradangan. Limfadenitis dapat terjadi setelah infeksi kulit atau infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri seperti streptococcus atau staphylococcus. Kadang-kadang, itu disebabkan oleh infeksi langka seperti TBC atau penyakit cakaran kucing (bartonella).

Tanda dan Gejala Limfadenitis

Dengan limfadenitis, infeksi saluran pernapasan atas dapat terjadi tepat sebelum gejala lain muncul. Ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit tenggorokan.

Gejala umum limfadenitis adalah:

– Kelembutan atau nyeri, sering di tengah atau sisi kanan bawah perut

– Demam tinggi

– Limfadenitis sering menyebabkan gejala di perut kanan bawah. Jadi orang sering salah mengira itu untuk usus buntu.

Anda mungkin memiliki tanda dan gejala lain juga. Ini tergantung pada penyebab peradangan. Tanda dan gejala termasuk :

– Merasa sakit

– Kehilangan selera makan

– Kelelahan atau kekurangan energi

– Meningkatkan jumlah sel darah putih

– Mual, muntah, atau diare

Kapan Anda Harus Menghubungi Dokter?

Hubungi dokter segera jika Anda atau anak Anda mengalami sakit perut yang parah atau tiba-tiba. Jelaskan kepada dokter Anda keparahan dan lokasi rasa sakit, serta apa yang membuatnya lebih buruk. Bersiaplah untuk mendiskusikan gejala lain yang Anda atau anak Anda alami.

Diagnosis Limfadenitis

Kadang-kadang limfadenitis tidak menyebabkan gejala. Dokter dapat menemukannya saat melakukan tes untuk beberapa masalah lain. Kadang-kadang gejala limfadenitis dapat membuat Anda pergi ke dokter. Dokter akan bertanya tentang gejala-gejala ini dan mengambil riwayat medis yang menyeluruh. Ia juga dapat melakukan beberapa tes.

Tes darah dapat membantu menemukan infeksi. Tes urin dapat membantu menyingkirkan infeksi saluran kemih. Ultrasonografi perut atau CT scan dapat membantu menyingkirkan penyebab lain dari gejala. Banyak kondisi terkait dengan limfadenitis yaitu beberapa serius, yang lain tidak. Jadi Anda dapat melihat mengapa diagnosis sangat penting.

Pengobatan Limfadenitis

Limfadenitis seringkali menjadi lebih baik tanpa pengobatan. Namun, Anda mungkin memerlukan obat untuk mengurangi demam atau mengendalikan rasa sakit. Istirahat, cairan, dan panas hangat yang diberikan ke perut juga dapat membantu meringankan gejala. Anda mungkin perlu perawatan untuk penyebab peradangan. Antibiotik dapat mencegah komplikasi dari infeksi bakteri parah (septikemia), yang dapat menyebabkan kematian.